Rabu, 07 Desember 2011

DIVERSIFIKASI USAHATANI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI DI DESA NGINGAS REMBYONG KECAMATAN SOOKO KABUPATEN MOJOKERTO


Oleh: Ir. Nurlina, M.Kes
Fakultas Pertanian Universitas Merdeka Surabaya 

ABSTRAK

Pertanian di Indonesia pada umumnya dicirikan dengan masih banyaknya jumlah petani kecil dengan pendapatan yang rendah. Pendapatan yang rendah tersebut disebabkan luas garapan yang sempit, tenaga keluarga yang tidak dimanfaatkan secara maksimal serta adanya kemerosotan harga atau gagal panen. Tingkat pendapatan yang rendah mendorong petani melakukan diversifikasi usahatani. Dengan melakukan diversifikasi usahatani, pendapatan rumah tangga petani akan meningkat. Besarnya pendapatan yang diterima oleh petani yang melakukan diversifikasi usahatani dipengaruhi oleh waktu luang, jumlah anggota keluarga yang bekerja, pengalaman dan ragam tanaman.
            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani, baik yang melakukan diversifikasi usahatani maupun yang tidak melakukan diversifikasi usahatani. Obyek dari penelitian ini adalah rumah tangga petani di Desa Ngingas Rembyong Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Data yang digunakan adalah data primer  yang diperoleh melalu wawancara. Besarnya sampel  yang digunakan sebanyak 40 petani yang melakukan diversifikasi usahtani. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif serta analisis regresi linier berganda.
            Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa petani di Desa Ngingas Rembyong Kecamatan Sooko banyak yang melakukan diversifikasi usahatani. Diversifikasi tanaman dalam satu lahan terdapat pada jenis tanaman padi-kedelai, padi-jagung dan padi-keledai-jagung. Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani per ha secara signifikan adalah waktu luang, pengalaman, banyaknya anggota keluarga yang bekerja, ragam tanaman dan diversifikasi usahatani. Juga diketahui bahwa pendapatan per ha petani yang melakukan diversifikasi usahatani mempunyai nilai yang lebih besar dibandingkan dengan petani yang tidak melakukan diversifikasi usahatani.

Kata Kunci :   Diversifikasi Usaha tani, Waktu Luang, Pengalaman, Ragam Tanaman, Banyaknya Anggota Keluarga yang Bekerja, Pendapatan Per ha.