Rabu, 07 Desember 2011

PENINGKATAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DI KELAS X/A SMK GEMA 45 SURABAYA


Oleh: A.A.R. Diana Puspitawati
STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya
           
ABSTRAK


Keterampilan berbahasa merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap siswa karena bahasa itu penting dalam kehidupan. Untuk mencapai keterampilan berbahasa, setiap siswa harus mampu menguasai empat keterampilan: mendengar, berbicara membaca dan menulis. Keterampilan berbahasa dapat diperoleh siswa melalui pembelajaran bahasa. Representasi pembelajaran bahasa yang dialami dilakukan dengan pelibatan keempat keterampilan berbahasa secara holistik. Namun, pembelajaran keempat keterampilan berbahasa ini cenderung diberikan secara diskret, satu keterampilan harus dikuasai terlebih dahulu sebelum keterampilan bahasa lain dipelajari. Begitu juga dalam pembelajaran sastra. Pembelajaran sastra cenderung ‘mendompleng’ pembelajaran bahasa, atau boleh dikatakan guru hanya sedikit menyingung kalau sudah sampai materi mengapresiasi sastra. Pembelajaran apresiasi sastra yang diajarkan cerasa diskret pada siswa kelas X/A SMK Gema 45 Surabaya menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, karena nilai dalam mengapresiasi sastra masih tergolong masih rendah atau kurang memenuhi Kriteri Ketuntasan Minimal (KKM).
            Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan kemampuan mengapresiasi sastra dengan pendekatan Whole Language siswa kelas X/A SMK Gema 45 Surabaya, (2) meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran apresiasi sastra melalui pendekatan Whole Language siswa kelas X/A SMK Gema 45 Surabaya.
            Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X/A SMK Gema 45 Surabaya. Pengumpulan data melalui observasi guru dan siswa, hasil belajar pada setiap siklus, dan respon siswa setelah proses pembelajaran selesai dilakukan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri atas : (1) perencanaan, (2) implementasi dan observasi,  (3) refleksi, dan (4)revisi.

Kata kunci : apresiasi puisi, model pembelajaran, Whole Language