Rabu, 07 Desember 2011

PERHITUNGAN SHEAR WALL, RETAINING WALL DAN PLAT BASEMENTKANTOR WILAYAH BEA DAN CUKAI JAWA TIMUR I SURABAYA

Oleh : Tranggono
A b s t r a k
Pembangunan Gedung Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur I Surabaya, untuk penggantian Kantor lama yang berlokasi di jalan Perak Surabaya untuk perluasan dan daya tampung. Dalam pelaksanaan perencanaan dibantu oleh Konsultan Perencana dimulai pada bulan Juni sampai dengan bulan Agustus 2010.
Untukperhitungan tulangan Shear Wall dan Plat Basement berdasarakan beban kombinasi beban gravitasi dan beban gempa, sedangkan Retaining Wall berdasarkan beban tegangan tanah.
Prosedur pelaksanaan perhitungan dengan melakukan pengumpulan data yang digunakan dan dihasilkan oleh Konsultan Perencana mulai dari saat pembebanan sampai dengan output gaya-gaya dalam yang dibutuhkan. Kemudian dilakukan pengolahan, penyederhanaan, penataan data dan disajikan, selanjutnya dilakukan perhitungan.
Dari hasil perhitungan ini dapat disimpulkan kebutuhan tulangan adalah tulangan minimal, Shear Wall tulangan yang dibutuhkan adalah As = 3,01 cm2 Amin = 6,48 cm2 dipasangan tulangan A = 12,06 cm2, Retainin Wall As = 2,10 cm2 Amin  = 6,48 cm2 dipasang tulangan A = 12,06 cm2, Plat Basement As = 10,61 cm2, Amin = 6,48 cm2 dipasang tulangan A = 12,06 cm2.
 
Kata kunci : Beban Gravitasi, Beban Kombinasi, Tulangan yang dibutuhkan, Tulangan Miminum, Tulangan yang terpasang.