Rabu, 07 Desember 2011

FUNGSI PELAYANAN PEMERINTAH TERHADAP MASYARAKAT SEBAGAI IMPLEMENTASI PELAKSANAAN TUGAS UMUM PEMERINTAHAN

SUPRAYOGA
FISIP Universitas Wijaya Putra Surabaya

ABSTRAK

Isu kualitas pelayanan cenderung menjadi semakin penting dalam menjelaskan tentang kinerja organisasi pelayanan publik. Kualitas layanan seringkali membentuk image masyarakat terhadap organisasi publik. Banyak image negatif yang terbentuk mengenai organisasi publik muncul karena ketidakpuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diterima dari organisasi publik. Keuntungan yang utama menggunakan kepuasan masyarakat sebagai indikator kinerja adalah karena informasi mengenai kepuasan masyarakat seringkali tersedia secara mudah dan murah. Informasi mengenai kepuasan terhadap kualitas layanan seringkali dapat diperoleh dari media massa atau diskusi publik. Karena akses terhadap informasi mengenai kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan relatif sangat tinggi, maka hal tersebut dapat menjadi satu ukuran kinerja organisasi publik yang murah dan mudah dipergunakan.

Kata Kunci : Layanan Pemerintah, Tugas Umum Pemerintahan