Rabu, 07 Desember 2011

MARKETING MIX : IMPLIKASINYA PADA PEMASARAN JASA


Oleh : Mei Indrawati
Fakultas Ekonomi Universitas Wijaya Putra Surabaya

ABSTRAKSI

Kotler, 1994, menyatakan bahwa salah satu kecenderungan besar (megatrend) utama adalah pertumbuhan jasa yang fenomenal. Jasa adalah setiap tindakan atau perbuatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya bersifat intangible (tidak berwujud fisik) dan tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu.  Ada empat karakteristik: intangibility, inseparability, variability dan perishability.
Marketing Mix merupakan kombinasi dari empat kegiatan inti dari sistem pemasaran, yaitu produk, harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi (Stanton, 1978). Bila perusahaan menginginkan untuk memperoleh keberhasilan, maka perusahaan harus merumuskan kombinasi aspek-aspek strategi pemasaran tersebut dengan tepat. Variabel-variabel Marketing Mix tersebut dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil suatu strategi dalam usaha mendapatkan posisi yang kuat di pasar.
Kita menyadari keragaman ekonomi jasa.  Unsur-unsur bauran pemasaran jasa : product, price, place, promotion, ditambah tiga unsur tambahan people (orang), proses, dan penyediaan layanan pelanggan.  Hal ini merupakan kerangka kerja yang tidak hanya cocok untuk jasa, tetapi juga relevan untuk industri-industri non jasa, dimana dimensi jasa sangat penting dalam kebanyakan perusahaan pemanufakturan.

Kata Kunci: Marketing Mix, Pemasaran Jasa