Rabu, 07 Desember 2011

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN DALAM PENGADAAN PEGAWAI


FITRA MARDIANA
Fakultas Ekonomi Universitas Wijaya Putra

ABSTRAKSI

Suatu organisasi akan dapat mencapai tujuan atau sebaliknya gagal dalam mencapai tujuannya, sangat tergantung pada manusia yang berada dan bekerja di dalam organisasi tersebut. Sekalipun suatu organisasi mempunyai unsur-unsur seperti uang, materi, mesin, metode, waktu dan kekayaan lainnya, tidak akan dapat bermanfaat jika manusia didalamnya tidak dapat memanfaatkan dan memberdayakan unsur-unsur tersebut. Sebaliknya kalau manusia dapat memanfaatkan dan memberdayakan dengan baik unsur-unsur tersebut, maka akan sangat membantu organisasi didalam mencapai tujuannya secara efektif dan efisien.

Menyadari akan peranan dan kedudukan manusia yang sangat penting dan strategis di dalam menentukan keberhasilan organisasi, maka pengadaan pegawai yang berkualitas sangat diperlukan oleh setiap organisasi untuk mencapai tujuannya. Karena apabila tingkat kualitas pegawainya rendah, maka kegiatan-kegiatan yang berupa administratif maupun manajemen di dalam organisasi akan berjalan lambat dan bahkan terhenti sama sekali. Oleh sebab itu pengadaan pegawai yang berkualitas sangat dibutuhkan dan menjadi perhatian untuk ditingkatkan dan dipelihara terus pada setiap organisasi.
Dikaitkan dengan pembangunan nasional yang dewasa ini sedang berlangsung, maka salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah subyek pembangunan itu sendiri, yakni faktor sumber daya manusianya, dimana subyek pembangunan tersebutlah yang mengerjakan tugas–tugas pembangunan.